“Komunikasi tidak hanya sekedar saling bertukar pikiran serta pendapat saja tetapi berlangsung jauh daripada itu, yaitu merupakan kegiatan dimana seseorang berusaha merubah pendapat dan tingkah laku orang lain, karena kegiatan komunikasi tidak hanya informatif. Yaitu agar orang lain mengerti dan tahu tetapi juga persuasive yaitu agar orang lain bersedia menerima suatu paham atau keyakinan, melakukan sesuatu perbuatan atau kegiatan dan lain – lain” (Widjaja, 2000:15)

Menurut Berger dan Chaffe, ilmu komunikasi adalah “suatu pengamatan terhadap produksi, proses dan pengaruh dari sistem – sistem tanda dan lambang melalui pengembangan teori – teori yang dapat diuji dan digeneralisasikan dengan tujuan menjelaskan fenomena yang berkaitan dengan produksi, proses dan pengaruh dari sistem tanda dan lambang” (Sendjaja, 2005:19)

“Communication means that information is passed from one place to another”

“Communication..include(s) all the procedures by which one mind may affect another”

“The imparting, conveying, or exchange of ideas, knowledge, or information whether by speech, writing, or signs.”
(rubben&stewart, 2006:13)

Ref
Rubben & Stewart. Communication and Human Behavior. Boston: Pearson Education, inc. 2006

Widjaja, H.A.W. Ilmu Komunikasi Pengantar Studi, Edisi Revisi. Jakarta: PT Rineke Cipta, 2000

Sendjaja, Teori Komunikasi. Jakarta: Depennas, 2005